Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Narendra Modi Klaim Menangi Pemilu India, Siap Jadi PM untuk Tiga Periode

Wednesday, June 5, 2024 | June 05, 2024 WIB Last Updated 2024-06-06T00:01:06Z

 



HELOBEKASI.COM, JAKARTA - Perdana Menteri India, Narendra Modi merayakan kemenangan di hadapan para pendukungnya. Partainya memimpin perolehan suara pada pemilu tahun ini.

“Kepercayaan dari rakyat untuk ketiga kalinya meningkatkan semangat kita, memberi kekuatan baru,” kata Modi dalam pidato deklarasi kemenangannya seusai pengumuman hasil pemilu, dilansir dari Reuters pada Rabu (5/6/2024).

“Lawan kita tidak bisa meraih kursi sebanyak yang diraih BJP," tambahnya.

Partai Bharatiya Janata (BJP) pimpinan Modi memperoleh 240 kursi. Aliansi Demoktratik National (NDA) yang mencakup BJP dan sejumlah partai yang lebih kecil secara keseluruhan memenangkan 290 kursi.

Partai politik atau koalisi membutuhkan 272 kursi untuk mengamankan posisi mayoritas di parlemen. Kubu oposisi yang dipimpin Kongres Nasional India (INC) hanya mendapat 234 kursi.

Meski demikian, perolehan suara BJP merosot jauh dibandingkan pemilu sebelumnya. Partai sayap kanan tersebut mengeruk 303 kursi pada 2019 dan 282 kursi pada 2014.

Alhasil, Modi harus membentuk koalisi untuk mengamankan masa jabatan ketiga sebagai perdana menteri India. Dia dilaporkan akan mengumpulkan anggota NDA lainnya untuk membahas pembentukan pemerintahan. 

Hasil pemilu yang lebih ketat dibandingkan perkiraan mengguncang pasar keuangan India. Bursa saham mencatat rekor pelemahan hingga 6%, mata uang rupee juga mengalami depresiasi signifikan terhadap dolar Amerika Serikat (AS).***

×
Berita Terbaru Update