Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Atlet MMA Rahul Pinem Dipastikan Tewas Bunuh Diri di Bandung

Wednesday, June 5, 2024 | June 05, 2024 WIB Last Updated 2024-06-05T23:49:47Z

 



HELOBEKASI.COM, BANDUNG - Polisi Pastikan salah seorang petarung seni bela diri campuran atau mixed martial arts (MMA) Rahul Pinem (24) meninggal dunia akibat bunuh diri. 

Rahul Pinem meninggal dengan kondisi berlumuran darah di salah satu apartemen di wilayah Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu (1/6/2024) lalu.

Kapolsek Cidadap Kompol Arsyad mengatakan proses pemeriksaan atas kejadian itu sudah dilakukan. Tapi, pihak keluarga memutuskan mengikhlaskan kepergian Rahul Pinem.

"Jadi langkah-langkah yang kami lakukan sudah sesuai SOP. Namun keluarganya sudah mengikhlaskan dan menerima kejadian tersebut," kata Arsyad, Rabu (5/6/2024).

Saat kejadian, kata Arsyad, petugas Diskar PB Kota Bandung, pihak apartemen, hingga rekan korban sempat berusaha menyelamatkan petarung MMA tersebut. Tapi akhirnya, Rahul Pinem diduga memutuskan mengakhiri hidup dengan cara meloncat dari lantai LG apartemen tersebut.

"Kami sudah melakukan pemeriksaan saksi, visum, sampai pemeriksaan Inafis. Upaya penyelamatan juga telah dilakukan oleh damkar sampai dari pihak apartemen dan MMA. Tapi, sesuai keterangan saksi, kejadian itu memang murni bunuh diri. Dan keluarganya sudah mengikhlaskan," tuturnya.

Kronologi Tewasnya Rahul Pinem

Tak ada yang menyangka, Rahul Pinem (24), seorang atlet yang berprestasi nekat mengakhiri hidupnya dengan loncat dari ketinggian kurang lebih 50 meter dari sebuah apartemen.

Sang petarung hebat di Mixed Martial Arts (MMA) itu, ditemukan berlumuran darah di lantai dasar apartemen wilayah Ciumbuleuit

Entah apa yang membuatnya memutuskan untuk mengakhiri hidup kala itu. Rahul mulanya terlihat di lantai LG, atau di ketinggian lebih dari 5 lantai dari permukaan tanah.

Kasi Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung John Erwin, menjelaskan saat melihat hal itu karyawan apartemen melapor ke Diskar PB Kota Bandung. Sebab dari keterangan saksi, tubuh Rahul sebelum meloncat sudah ditemukan dalam kondisi berlumuran darah.

"Petugas mencoba melakukan mediasi dengan korban. Selanjutnya dari pihak pelatih MMA melakukan mediasi terhadap korban dan menelepon teman wanita korban, tetapi tidak ada hasil," ceritanya.

Proses penyelamatan Rahul berlangsung cukup dramatis. Tim Diskar PB lalu sempat mencoba memasang kasur di lantai bawah untuk mengantisipasi jika Rahul melompat. Sayang, upaya itu tidak berhasil setelah ia melompat dari ketinggian kurang lebih 50 meter.

Tubuh Rahul kemudian ditemukan berada di lantai dasar tak bernyawa. Insiden itu terjadi sekitar pukul 12.27 WIB.

"Karena korban sudah mengalami pendarahan yang cukup banyak dan susah dimediasi, korban akhirnya meloncat terjatuh ke halaman lapangan basket apartemen," jelasnya.

Tak lama kemudian, Petugas Diskar PB Kota Bandung mendapat laporan dan langsung menuju ke lokasi untuk upaya penyelamatan.

Nahasnya, Rahul sudah tak bisa diselamatkan dan dinyatakam sudah meninggal dunia. 

"Kami mendapat laporan. Korbannya (tak bisa diselamatkan) meninggal dunia," kata Erwin.

"Korban meninggal di tempat. Korban kemudian dilarikan ke RS Sartika Asih," lanjut dia.

Profil Rahul Pinem dan Sederet Prestasinya

Rahul dikenal sebagai seorang petarung berprestasi. Sang Ninja Karo, julukan untuk Rahul ini memang memiliki prestasi.

Rahul pertama kali debut dalam karir MMA saat ia mengikuti sasan H Brothers di kelas bantam. Kemudian ia mengikuti One Pride MMA pada 2019.

Ia memenangkan langsung tiga pertandingan beruntun tanpa kekalahan. Saat itu juga dunia MMA mengakui kemampuan Rahul Pinem.

Berikutnya Rahul mengikuti One Pride MMA 2020, dan melawan Yacub Christ. Dalam pertandingan itu juga Rahul lah yang memenangkan pertandingan dengan decision.

Selanjutnya pada tahun 2021, Rahul mendapatkan sabuk WBC Asia Silver setelah mengalahkan Larry Siwu.

Pertandingan ini terjadi pada Holywings Sport Show (HSS) seri ke-5 di Indonesia Arena, Jakarta. Pada Senin (22/4/2024) kemarin misalnya, Rahul Pinem mendapat gelar WBC Asia Silver Welterweight usai mengalahkan Larry Siwu dalam HSS Series 5.

Dia disebut-sebut sebagai petarung yang tidak pernah kalah.

Saat kabar kematian Rahul yang mengejutkan itu merebak, akun resmi instagram One Pride MMA pun mengunggah foto Rahul dengan kata-kata Rest in Peace.

"Turut berduka yang sedalam-dalamnya petarung yang hebat, teman yang baik. Selamat jalan, Rahul Pinem," tulis akun @oneprideimma.***

×
Berita Terbaru Update