Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemerintah Percepat Pembagian BLT El Nino Hingga Akhir Tahun, Ini Jenis Bantuannya

Wednesday, October 25, 2023 | October 25, 2023 WIB Last Updated 2023-10-26T04:18:39Z

 



HELOBEKASI.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mempercepat pemberian sejumlah bantuan di akhir tahun 2023 ini kepada masyarakat dalam menghadapi fenomena El Nino.

Informasi itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan sedikitnya ada tiga bantuan yang akan diberikan hingga akhir tahun ini. Ketiga bantuan adalah bantuan langsung tunai atau BLT El Nino, perpanjangan bantuan sosial beras atau ansos beras, dan insentif pajak untuk rumah yang harganya di bawah Rp 2 miliar.

"PMK (Peraturan Menteri Keuangan)-nya sedang disiapkan akhir tahun ini. Kalau PMK siap langsung berlaku," kata Airlangga saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (24/10).

Berikut ini adalah tiga bantuan yang akan diberikan pemerintah di akhir 2023:

1. BLT El Nino Rp 400 Ribu

"Ada bantuan langsung tunai (BLT) untuk El Nino. Nah, itu lagi kita dimatangkan di Menteri Kuangan," ujar Airlangga.

BLT El Nino diberikan kepada kelompok masyarakat yang menjadi penerima program keluarga harapan (PKH). Bantuan ini akan diberikan selama November-Desember sebesar Rp 200 ribu untuk masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM). Dengan begitu, setiap keluarga akan mendapatkan secara total Rp 400 ribu.

Namun Airlangga tidak menjelaskan secara detail berapa proyeksi anggaran untuk BLT El Nino. Dia juga tak menjawab ketika ditanyai berapa banyak penerima bantuan tersebut.

2. Bansos Beras 10 Kilogram

Pada kesempatan yang sama, Airlangga menuturkan pemerintah akan memperpanjang bantuan sosial atau Bansos beras. Bansos beras tahap 2 disalurkan pemerintah ke 38 provinsi selama tiga bulan, mulai September hingga November. 

Bahkan, Airlangga menyebut bansos beras bakal diperpanjang hingga Desember 2023. Bantuan yang diberikan sebesar masing-masing 10 kilogram kepada 21,3 juta KPM. 

"Kan kita sudah berlaku, Oktober sudah, November sudah. Jadi tinggal nanti bulan Desember ditambah lagi," tutur Airlangga.

Airlangga menyebut, penerima KPM tidak akan bertambah. Ini berarti penerimanya tetap 21,3 juta keluarga.

3. Insentif Pajak untuk Rumah di Bawah Rp 2 Miliar

Insetif ini adalah berupa pajak pertambahan nilai (PPN) dan bantuan administrasi lainnya yang ditanggung pemerintah. Pajak ini diberikan untuk pembelian rumah atau properti senilai kurang dari Rp 2 miliar.

"Ini berlaku PPN 100 persen ditanggung pemerintah sampai Juni tahun depan," ujar Airlangga dalam acara yang sama. "Jadi, diharapkan backlog sektor properti bisa tersalurkan."

Sementara setelah Juni-Desember 2024, pemerintah menanggung PPN sebesar 50 persen rumah di bawah Rp 2 miliar. Selain itu, pemerintah juga akan membantu biaya administratif sebesar Rp 4 juta untuk pembelian rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) hingga tahun depan.

Adapun syarat penerima BLT El Nino adalah penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Namun, Airlangga mengatakan teknis lebih lanjut soal BLT ini, termasuk jumlah penerima dan anggaran, akan disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.***


(sumber : westjavatoday.com)

×
Berita Terbaru Update