Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ballon d'Or Akan Diumumkan 30 Oktober, Lionel Messi Masih Jadi Kandidat Terkuat di Kelas Berbeda

Tuesday, October 24, 2023 | October 24, 2023 WIB Last Updated 2023-10-25T05:01:13Z

 





HELOBEKASI.COM,JAKARTA - Pemenang Ballon d'Or edisi 2023 akan segera diketahui dalam waktu dekat. Rencananya, France Football sebagaai penggagas penghargaan ini akan menggelar acara penganugerahan bertajuk Gala pada 30 Oktober 2023 mendatang.

Ballon d'Or 2023 akan menjadi edisi ke-67 dari penghargaan pesepakbola terbaik dunia ini. Untuk kali kedua dalam sejarah, penghargaan bakal dinilai dari prestasi dalam semusim dan bukan satu tahun kalender 2023.

Penilaian peringkat Ballon d'Or tahun ini dihitung mulai 1 Agustus 2022 dan berakhir pada 31 Juli 2023. Artinya, prestasi di pentas Piala Dunia 2022 lalu masuk hitungan untuk menentukan peringkat di Ballon d'Or 2023 ini.

Bocoran pemenang Ballon d'Or 2023 beredar di lini masa dalam beberapa waktu terakhir. Lionel Messi disebut-sebut akan memenangi penghargaan pemain sepak bola terbaik dunia dari majalah France Football itu.

Sejauh ini, France Football baru merilis daftar 30 besar kandidat peraih trofi Bola Emas tahun ini. Namun, beberapa hari menjelang pengumuman, hasil voting Ballon d'Or 2023 diduga bocor ke publik.

Media asal Spanyol, Sport, membocorkan peraih gelar Ballon d'Or 2023 yang seremoninya bakal berlangsung di Theatre du Chatelet Paris, Prancis pada Senin, 30 Oktober mendatang. Dalam laporannya, Sport menuliskan pemenang penghargaan untuk kategori pesepak bola pria dan wanita.

Erling Haaland, Kylian Mbappe, menjadi dua pesaing terkuat Messi setelah melewati penampilan yang luar biasa musim lalu. Haaland misalnya yang memenangkan treble bersama Manchester City dan mencetak 52 gol dari 53 penampilan pada musim perdananya. Kemudian ada Mbappe yang membawa Prancis lolos ke final Piala Dunia 2022.

Haaland memang mempunyai prestasi memukau bersama Man City musim lalu menyusul keberhasilan memenangi treble alias tiga gelar dalam semusim, yakni juara Premier League, Piala FA, dan Liga Champions 2022-2023. Kendati demikian, Lionel Messi, tetap sebagai kandidat kuat pemenang penghargaan Ballon d’Or 2023 di kelas yang berbeda.

Pencapaian apik dari Haaland tersebut, menurut Sport, tidak cukup untuk mengalahkan Messi. La Pulga disebut bakal menerima trofi Ballon d'Or kedelapannya karena sukses mempersembahkan trofi Piala Dunia 2022 untuk Argentina. Ia bakal menjadi pemain pertama yang berkarier di luar Eropa yang mampu menyabet penghargaan tersebut sejak pertama kali diciptakan pada 1956.

Pada edisi sebelumnya, La Pulga tak masuk dalam peta persaingan, bahkan namanya tidak ada dalam nominasi 30 pemain yang berpeluang mendapat penghargaan. Kali terakhir Messi meraih Ballon d'Or pada 2021 saat berhasil membawa Argentina juara Copa America. Eks pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu juga meraih gelar Golden Ball atau Pemain Terbaik Piala Dunia 2022.

Walau berpeluang kembali mendapat gelar Ballon d'Or, Messi menganggap penghargaan itu tidak begitu penting. Menurut dia hal yang lebih utama untuk dimenangkan adalah trofi secara tim, bukan individu. 

"Saya telah mengatakannya berulang kali bahwa Ballon d'Or itu penting untuk pengakuan sebagai individu, tetapi saya tidak memberikan kepentingan yang besar pada penghargaan tersebut."

"Hal terpenting bagi saya adalah penghargaan yang dimenangkan secara tim. Jika penghargaan Ballon d'Or datang, tentu bagus, tetapi jika tidak, tidak masalah. Saya beruntung sudah mencapai semua tujuan saya dalam karier dan sekarang saya memiliki tujuan baru dengan Inter Miami," ujar dia saat resmi diperkenalkan sebagai pemain Inter Miami dikutip dari Mirror.

Tak cuma soal Messi, rumor yang beredar menyebut pemenang penghargaan pesepak bola wanita terbaik dunia akan dimenangkan Aitana Bonmati, pemain asal Spanyol yang baru saja menjuarai Piala Dunia Wanita 2023 dan menyabet gelar pemain terbaik dalam turnamen tersebut. Acara puncak Ballon d'Or 2023 sendiri akan digelar di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis pada Senin, 30 Oktober.***

(westjavatoday.com)

×
Berita Terbaru Update