Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Puluhan Anak SD di Bandung Barat Keracunan Jajanan Cimin, Satu Anak Meninggal Dunia

Wednesday, September 27, 2023 | September 27, 2023 WIB Last Updated 2023-09-28T06:46:36Z

 



HELOBEKASI.COM, BANDUNG - Keracunan massal puluhan siswa SD di Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terjadi usai menyantap jajanan olahan tepung aci yang disebut Cimin dari pedagang keliling.

Para siswa SDN 3 Jati Saguling diketahui mengkonsumsi cimin alias cireng mini pada Selasa (26/9/2023). Kemudian para siswa mulai merasakan gejala keracunan sehari setelahnya.

"Dugaan penyebabnya dari jajanan cimin berbumbu pedas, mungkin dari pedasnya ini," kata Kepala Puskesmas Saguling, Burhan saat dikonfirmasi, Kamis (28/9/2023).

Saat ini siswa korban keracunan masih menjalani perawatan intensif di 4 fasilitas kesehatan yakni Rumah Sakit Kartini, Rumah Sakit Cahya Kawaluyan, Klinik Assyidha, dan Puskemas Saguling. Sebagian lainnya dirawat mandiri di rumah masing-masing.

Untuk memastikannya, kata dia, pihaknya sudah mengambil sampel cimin dari pedagang tersebut untuk dilakukan uji labolatorium di Labkesda Jawa Barat.

Sampel yang diambil berupa terigu, bahan cabe kering, masako, bumbu bawang, cimin siap goreng, bumbu keju dan bahan baku cimin tepung singkong tapioka.

"Lagi diinvestigasi diambil sampel makanannya untuk diuji. Biasanya 1-3 hari hasilnya sudah keluar," ujar Burhan.

Jumlah siswa yang mengalami keracunan jajanan sekolah itu terus bertambah. Kimi, ada 34 siswa yang sudah terdata mengalami keracunan.

Dia mengungkapkan, siswa yang datang ke Puskesmas rata-rata mengalami gejala muntah dan diare yang identik dengan keracunan makanan.

"Gejalanya yang ada ke Puskesmas muntah-muntah sama diaere itu khas keracunan makanan," kata dia.

Untuk mengantisipasi adanya tambahan korban dugaan keracunan itu, kata Burhan, pihaknya akan menambah fasilitas tempat tidur. Sebab, bed atau tempat tidur yang tersediaa saat ini sudah penuh oleh pasien.

"Kita jaga-jaga juga dengan bed sudah full mungkin ada tambahan bed darurat untuk mengantispasi ke depannya. Untuk bed persiapan 10-15, lorong dan selasar sudah dipersiapkan," ujar Burhan.

Camat Saguling Kemal Adhiyaksa mengatakan, peristiwa keracunan ini bermula saat para siswa SDN 3 Jati itu mengeluhkan mual, diare, pusing, demam, dan muntah-muntah secara bersamaan. Gejala tersebut dirasakan para siswa usai mengkonsumsi jajanan di sekolah pada Selasa (26/9/2023).

"Jadi anak-anak ini jajan di hari Selasa ketika sekolah, nah malam Rabu mulai gejala panas, muntah, dan diare," ucap Kemal.

Sementara untuk saat ini, pihaknya masih menunggu perkembangan dari rumah sakit dan puskesmas terkait kondisi semua korban tersebut dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan uji laboratorium sampel makanan.

"Sekarang penanganan masih terus berjalan. Kami bersama pihak Puskemas dan Dinas Kesehatan update terus kondisinya. Kita berdoa, mudah-mudahan jumlah korban tidak bertambah," ujar dia.

Satu Anak Meninggal Dunia

Dari total korban keracunan masal tersebut, satu orang siswa dilaporkan meninggal dunia disebabkan dehidrasi. RNN (9) siswa SD di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat meninggal dunia setelah mengalami keracunan makanan.

RNN dilarikan ke rumah sakit setelah mengeluhkan gejala mual, pusing, muntah-muntah, dan diare. Ia diduga mengalami keracunan setelah mengonsumi jajanan aci mini (cimin) di sekolahnya, Selasa (26/9/2023).

"Dari puluhan pasien yang mengalami keracunan makanan, ada 1 siswi kelas 3 SD meninggal dunia di Rumah Sakit Dustira Cimahi," ujar Kepala Puskesmas Saguling, Burhan saat ditemui, Kamis (29/9/2023).

RNN mengeluhkan gangguan pencernaan setelah mengonsumsi jajanan di sekitar sekolah. Sehingga ia dirujuk ke Rumah Sakit Dustira pada Rabu (28/9/2023) malam.

Menurut keterangan rumah sakit, RNN memiliki riwayat penyakit bawaan atau komorbid berupa kelainan darah atau talasemia. RNN spernah memiliki riwayat kontrol kesehatan dari rumah sakit hasan sadikin (RSHS) Kota Bandung.

"Dari data yang kami terima, (RNN) punya penyakit penyerta atau komorbid yaitu talasemia atau kelainan darah. Penyakit bawaan itu diketahui dari riwayat kontrolnya ke RSHS," kata Burhan.

Burhan menjelaskan, keracunan makanan yang dialami RNN memperparah kondisi kesehatan fisik sehingga kondisinya melemah dan meninggal dunia saat perawatan di Rumah Sakit Dustira.***

(sumber : westjavatoday.com)

×
Berita Terbaru Update