Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pedangdut Wika Salim Nyanyikan Theme Song Resmi Timnas Indonesia ‘Bersama Garuda’ di Piala Dunia U-17 2023

Friday, September 29, 2023 | September 29, 2023 WIB Last Updated 2023-09-29T08:21:16Z

 



HELOBEKASI.COM, JAKARTA - PSSI secara resmi meluncurkan theme song khusus untuk Timnas U-17 Indonesia bertajuk ‘Bersama Garuda’ di Piala Dunia U-17 2023.

Lagu tersebut dinyanyikan oleh Wika Salim, dan akan diputar saat laga-laga Timnas U-17 Indonesia tampil di Piala Dunia U-17 2023 mendatang.

Peluncuran lagu resmi Timnas U-17 Indonesia tersebut diumumkan di sela acara Partner Summit PSSI dan signing ceremony sponsor-sponsor skuad Garuda di Hotel JW Marriot, Jakarta, Rabu (27/9) malam WIB.

“Hari ini (Rabu) juga kita meluncurkan lagu bangkitnya sepak bola Indonesia, yang di mana mulai besok (Kamis) lagu ini akan diputar di seluruh radio di Indonesia. Nanti tanggal 14 Oktober ada video klipnya mengenai lagu ini,” ungkap Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sebagaimana rilis yang diterima.

Lanjutnya, Erick berharap bahwa lagu tersebut bisa mendunia ketika dikumandangkan di perhelatan Piala Dunia U-17 2023.

“Nanti pada pertandingan Timnas Indonesia U-17, kita juga akan mainkan lagu ini. Siapa tahu nanti bisa disiarkan di seluruh dunia,” katanya.

Diketahui, lagu berjudul ‘Bersama Garuda’ tersebut berirama dangdut, yang merupakan musik khas dari Indonesia, dimana lagu itu nantinya akan dipakai untuk seluruh level Timnas.

“Kita selalu bicara lagu Korea bagus, lagu Barat bagus, kenapa kita tidak punya kebanggaan sama lagu Indonesia? Dan saya sudah buktikan beberapa kali, lagu dangdut ini bisa diterima di dunia. Kemarin waktu Asian Games, Via Vallen lagunya dangdut. Bahkan di-translate ke berbagai negara,” ujarnya lagi.

Erick juga menekankan bahwa Indonesia harus berani memperkenalkan budaya lokal ke dunia internasional, salah satunya melalui event olahraga.

“Kita harus berani mendorong, karena kalau kita mau jadi negara besar ya kita harus punya kultur kita juga. Sama, di sepak bola kalau kita lihat, kita ada metode Filanesia segala, tetapi itu kan sudah jauh lama. Sepak bola ini berubah. Jerman saja yang punya konstelasi cara bermain sekarang kalah sama Jepang. Jepang menemukan metode baru permainan, dengan tubuhnya yang lebih kecil. Artinya apa? Ya itu yang terjadi perubahan, di sepak bola pun ada kultur,” tambahnya.

“Jadi sama, kita mendorong lagu dangdut buat internasional, toh masyarakat Indonesia senang lagu-lagu ini, mudah dicerna, kuping orang Barat juga nanti pasti bisa menikmatinya juga. Itulah kultur, tidak hanya musik tetapi juga di sepak bola Indonesia juga harus pembangunan kultur yang benar, dan ini dari bawah sampai atas,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember mendatang.

Piala Dunia U-17 akan digelar di empat venue, yakni Jakarta (Jakarta International Stadium), Bandung (Si Jalak Harupat), Solo (Manahan), dan Surabaya (Gelora Bung Tomo) bakal menjadi tuan rumah event akbar yang diikuti 24 negara tersebut.

Timnas U-17 Indonesia sendiri tergabung di Grup A bersama Ekuador, Maroko dan Panama, dimana skuad Garuda akan bertanding di Gelora Bung Tomo, Surabaya.***

(sumber : westjavatoday.com)

×
Berita Terbaru Update