Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lebih dari 1.500 Anak Disebut Alami Penyekapan, Kekerasan hingga Pelecehan Seksual oleh Sebuah Sekte di Filipina

Wednesday, September 27, 2023 | September 27, 2023 WIB Last Updated 2023-09-28T06:07:10Z

 



HELOBEKASI.COM, JAKARTA - Lebih dari 1.500 anak di sebuah pulau terpencil di Filipina diduga mengalami penyekapan, kekerasan dan pelecehan seksual. 

Adapun diduga hal itu dilakukan sebuah sekte kiamat di negara itu.

Pemimpin sekte itu Jey Rence B. Quilario pekan ini dituduh mengepalai sebuah sekte keagamaan di mana “pemerkosaan, kekerasan seksual, pelecehan anak, pernikahan paksa dilakukan terhadap anak di bawah umur.”

Dilansir dari Mirror, anak-anak tersebut diduga ditahan oleh Socorro Bayanihan Services (SBSI), kelompok yang menggambarkan dirinya sebagai organisasi rakyat namun telah dicirikan sebagai aliran sesat, di salah satu pulau di bagian selatan Filipina.

Quilario, yang disebut-sebut sebagai “Mesiah”, juga diyakini memiliki hubungan dengan geng-geng penyelundup narkoba dan kelompok-kelompok ekstremis yang yang menyediakan senjata api untuk para tentara SBSI.

Save the Children, sebuah organisasi non-pemerintah internasional yang mempromosikan hak-hak anak, bahkan telah mendesak pemerintah Filipina untuk segera mengambil tindakan untuk membebaskan mereka.

Sekte yang dikenal sebagai “Sekte Kiamat” ini juga dilaporkan telah memaksa gadis-gadis yang masih berusia 13 tahun untuk melakukan pernikahan paksa. Tidak hanya itu, kelompok ini juga diduga telah menggelapkan dana dari tunjangan kesejahteraan para anggotanya.

Menanggapi kasus ini, Ketua Komite Senat menggunakan hak istimewa kongres untuk menuduh Quilario dan rekan-rekannya melakukan eksploitasi terhadap anak-anak dan perempuan.

“Kita berbicara tentang lebih dari seribu anak muda yang berada di tangan sekte yang penuh tipu daya dan kejam. Anak-anak yang sesungguhnya (saat ini) berada dalam bahaya, dan waktu adalah yang terpenting. Kita tidak bisa, kita tidak boleh berpaling," kata Senator Risa Hontiveros dalam sebuah pidato pada Senin, (25/9/2023), sebagaimana dikutip dari Mirror.

Menurut laporan Al Jazeera, Hontiveros juga menambahkan bahwa ada seorang anak berusia 15 tahun yang dipaksa Quilario untuk menikah dengan seorang pria berusia 21 tahun. 

Quilario mengurung mereka dalam sebuah ruangan tertutup dan memberi hak pada si pria untuk melakukan hubungan suami-istri dengan anak yang masih di bawah umur secara paksa.

Tuduhan lain juga datang dari Senator Ronald Dela Rosa terhadap sekte tersebut di mana Quilario memanfaatkan anggotanya sebagai "perisai manusia" untuk menghindari penuntutan atas perdagangan narkoba.

Hal ini berdasarkan adanya laporan bahwa sekte kiamat itu telah menjalankan sebuah laboratorium metamfetamin yang berada di bunker bawah tanah, dekat tempat tinggal Quilario dan para pemimpin lainnya.

Laporan-laporan serupa ini muncul ketika delapan anak yang disekap berhasil melarikan diri dari sekte tersebut dan telah mencari bantuan dari kantor pemerintah setempat terhitung sejak Juli 2023.

Namun, para pemimpin SBSI membantah semua laporan serta tuduhan yang mengaitkan kelompok itu dengan sekte kiamat dan menyebutnya sebagai “kebohongan yang dibuat-buat”.

"Ini tidak adil karena pihak kami tidak didengar. Tidak benar bahwa kami adalah sekte sesat karena kami adalah anggota Iglesia Filipina Independiente yang setia. Tujuan utama kami adalah perumahan karena sulit untuk membangun rumah di sini. Kedua adalah pertanian, lalu ketiga adalah layanan pemakaman,” ucap Walikota Socorro Mamerto Galadina, yang juga menjabat sebagai wakil presiden SBSI.

“Ketika ada yang meninggal, kami saling membantu. Kami siap untuk investigasi. Bahkan, kami mengharapkan Menteri Dalam Negeri Benhur Abalos datang. Tidak ada masalah dengan itu," tambahnya.***

(sumber : westjavatoday.com)

×
Berita Terbaru Update