Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kereta Cepat 'Whoosh' Mulai Beroperasi 2 Oktober 2023

Saturday, September 30, 2023 | September 30, 2023 WIB Last Updated 2023-09-30T11:44:32Z

 



HELOBEKASI.COM, JAKARTA - Peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dilaksanakan pada 2 Oktober 2023. Adapun peresmian ini mundur sehari dari jadwal sebelumnya yakni pada 1 Oktober 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa mundurnya jadwal tersebut lantaran pada tanggal 1 Oktober 2023 Presiden Joko Widodo tidak bisa hadir lantaran ada agenda lain.

"Jadi kalau kereta cepat kita akan lakukan launching itu tanggal 2 Oktober. Karena tanggal 1 pak Presiden sibuk. Kita lakukannya bertahap dan hati-hati agar berjalan dengan baik," katanya saat ditemui di acara Hub Space di JCC, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Menhub mengatakan bahwa pada 2 Oktober 2023 nanti akan ada beberapa keputusan yang akan diungkap pada saat launching Kereta Cepat.

"Jadi datanglah tanggal 2 Oktober ada beberapa keputusan yang penting di situ," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan bahwa mundurnya peresmian tetersebu lantaran banyaknya masukan dari sejumlah stakeholder terkait. Hal ini juga lantaran jadwal Presiden yang belum cocok.

"Ya mungkin karena soft launching hari penting ya, semuanya mengusulkan dan memberikan masukan. Banyak stakeholder kita. Jadi kita tunggu aja tanggal 2 nanti ya," katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Presiden jokowi akan resmikan Kereta Cepat Whoosh pada 2 Oktober 2023.

Luhut mengungkapkan Presiden Jokowi akan mengajak para pimpinan lembaga tinggi negara untuk mencoba proyek anyar tersebut.

"Tanggal 2 mungkin Presiden akan melakukan soft launching dengan membawa para pimpinan lembaga tinggi negara untuk mencoba," ujarnya ketika ditemui di acara ulang tahunnya ke-76 di Sopo Del Tower, Jakarta, Kamis (28/9/2023).

Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diumumkan 2 Oktober 2023

Pemerintah akan mengumumkan tarif kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada saat peresmiannya pada 2 Oktober 2023. Dalam acara peresmian tersebut juga akan diumumkan diskon tarif bagi kereta cepat.

Hal tersebut diungkapkan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Mohamad Risal Wasal saat ditemui dalam acara Hub Space, Jumat (29/9/2023).

"Nanti diumumkan di sana (saat peresmian), sekalian diskonnya berapa," katanya.

Hal serupa juga dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dia mengatakan dalam peresmian tersebut pemerintah akan meresmikan logo dan identitas branding, yakni Whoosh.

"Jadi tanggal 2 Oktober 2023 ada beberapa keputusan yang penting di acara itu. Pertama, logo akan diumumkan, dan kita juga sudah tau namanya Whoosh (akan diumumkan secara resmi)," papar Menhub.

Sementara itu, Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan terkait penetapan tarif saat ini masih didiskusikan dengan Kementerian Perhubungan dan stakeholder terkait.

"Sedang kita diskusikan dengan kemenhub dan stakeholder lainnya, nanti 2 Oktober jadi soft launching, baru kita umumkan," jelas dia.

Adapun ketika ditanyai terkait harga tarif khusus seharga Rp150 sudah termasuk tiket KA feeder untuk Padalarang-Stasiun Bandung, Dwiyana hanya menjawab diplomatis.

"(Nanti) biar surprise saja," katanya.

Sebelumnya, di media sosial X (Twitter) @Adrianussatrio yang merupakan Sekretaris Dewan Transportasi Kota Jakarta mengatakan tiket kereta cepat diberlakukan tarif khusus Rp150rb kelas premium/ekonomi, termasuk tarif KA Feeder Padalarang- Stasiun Bandung.

Penjualam tiket tersebut akan dijual setelah Kereta Cepat Jakarta-Bandung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober mendatang.***

(sumber : westjavatoday.com)

×
Berita Terbaru Update