Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dinkes Kabupaten Bekasi Salurkan Bantuan Puluhan Ribu Liter Air Bersih Bagi Warga Terdampak Kekeringan

Sunday, September 24, 2023 | September 24, 2023 WIB Last Updated 2023-09-24T09:36:39Z

 



HELOBEKASI.COM, BEKASI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi menyalurkan bantuan 23.300 liter air bersih dan 1.695 galon air mineral bagi warga yang terdampak kekeringan di Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, pada Jumat (23/9).

Sekretaris Dinkes Kabupaten Bekasi, Supriadinata mengatakan, kegiatan tersebut didasari Surat Keputusan (SK) Bupati Bekasi Nomor HK.02.02/Kep.567-BPBD/2023 Tentang Status Tanggap Darurat Bencana Kekeringan di Kabupaten Bekasi Tahun 2023.

“Dinas Kesehatan menjadi LO (Liaison Officer) Tanggap Darurat Bencana Kekeringan di Kecamatan Cibarusah. Bantuan sudah diserahterimakan di Kecamatan Cibarusah kemarin sore,” kata Supriadinata, Sabtu (23/9/2023).

Penyaluran air bersih, berkolaborasi antara Dinas Kesehatan dengan 36 Rumah Sakit, UPTD Poliklinik dan Nakes Pemda Kabupaten Bekasi.

“Ridomanah, termasuk salah satu desa yang terdampak kekeringan di Kecamatan Cibarusah,” lanjutnya.

Dampak kekeringan di wilayah kerja PKM Ridogalih yaitu Desa Ridomanah, Ridogalih dan Sirnajati. Di sini, kata dia, sumber air minum berkurang bahkan kering sejak empat bulan terakhir. Dimana, sumur-sumur warga sudah tidak lagi mengeluarkan air.

“Sehingga untuk kebutuhan Mandi Cuci Kakus (MCK) saat ini mengandalkan air di aliran kali Cihoe, yang berjarak lebih dari dua kilometer dari pemukiman warga,” jelasnya.

Tidak sampai di situ, sumber air untuk kebutuhan sehari-hari berkurang. Dimana untuk keperluan air minum warga terpaksa harus membeli air bersih. 

Selanjutnya, banyak tanaman mati, terutama persawahan yang mengandalkan air tadah hujan. Bahkan, beberapa titik di kecamatan Cibarusah rawan kebakaran.

“Juga, pada musim kemarau ini dampak lain dari kekeringan yakni, warga sangat mudah terserang penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). Data kunjungan pasien ISPA di PKM Ridogalih tercatat 192 di tiga bulan terakhir,” tutup Supriadinata. ***

(sumber : westjavatoday.com)

×
Berita Terbaru Update