Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menaker Ida Fauziyah Akui Kompetensi Pendidikan Sulit Sandingi Perubahan Permintaan Pasar Kerja

Friday, February 10, 2023 | February 10, 2023 WIB Last Updated 2023-02-10T11:59:38Z

 



HELOBEKASI.COM, JAKARTA - Menteri Ketenegakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, saat ini terjadi perubahan arah kebutuhan tenaga kerja di Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu tantangan di sektor ketenagakerjaan dalam mengatasi pengangguran.

Ida mengatakan, pasar ketenagakerjaan berubah cukup cepat, sedangkan kompetensi pendidikan saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja.

"Salah satu tantangan sektor ketenagakerjaan saat ini adalah pasar kerja yang terus berubah dengan cepat, perkembangan demand atau permintaan pasar kerja membutuhkan supply dengan kompetensi yang sesuai," ujar Ida Fauziyah dalam sambutannya pada acara Peresmian BLK Komunitas secara virtual, Jumat (10/2/2023).

Sehingga, menurut dia, peningkatan kompetensi sumber daya manusia menjadi satu hal yang mutlak dilakukan untuk menekan angka pengangguran.

"Menjawab tantangan itu, saat ini pemerintah memperkuat pendidikan dan pelatihan vokasi sebagai instrumen pengembangan kompetensi kerja," sambungnya.

Lebih lanjut, Ida menuturkan, hal lain yang cukup berkontribusi dalam peningkatan SDM adalah dengan penciptaan Balai Latihan Kerja Komunitas. Sebab, lembaga pelatihan kerja pemerintah cukup terbatas untuk mencakup seluruh wilayah di Indonesia.

"Maka jawabnya adalah perlu adanya Balai Latihan Kerja Berbasis Komunitas, BLK Komunitas ini sebagai upaya nyata mendekatkan pelatihan vokasi kepada masyarakat di desa," kata Menaker.

"Diharapkan dengan adanya pengembangan kejuruan, BLK Komunitas dapat melakukan pelatihan sesuai dengan potensi daerah, sehingga luaran pelatihan dari BLK Komunitas dapat terserap di dunia industri dan mendorong minat masyarakat," pungkasnya.***

×
Berita Terbaru Update