Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Indonesia Sepakat Kembali Kirim Pekerja Migran Lagi ke Malaysia Mulai Awal Bulan Depan

Thursday, July 28, 2022 | July 28, 2022 WIB Last Updated 2022-07-29T04:10:23Z

  

HELOBEKASI.COM, Jakarta - Pemerintah Indonesia akhirnya bersedia menempatkan kembali pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia, mulai 1 Agustus 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Ida Fauziyah setelah pihaknya bertemu Menteri Sumber Manusia Malaysia, Dato’ Sri M. Saravanan Murugan, dan melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang Penempatan dan Perlindungan PMI, Kamis (28/7/2022).

Dalam pertemuan itu, Malaysia sepakat untuk menerapkan mekanisme perekrutan dan penempatan PMI menggunakan sistem OCS atau One Channel System.

“Indonesia dan Malaysia sepakat dan menegaskan kembali bahwa OCS akan menjadi satu-satunya mekanisme perekrutan dan penempatan PMI di Malaysia dengan mengintegrasikan sistem online yang ada,” kata Ida seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (29/7/2022).

Nantinya, sistem OCS ini akan dikelola oleh Perwakilan Indonesia di Malaysia dan sistem onlinenya dikelola oleh Departemen Imigrasi Malaysia, dengan tetap mematuhi syarat dan ketentuan yang disepakati sebagaimana diatur dalam MoU.

Dilakukan juga pilot project tiga bulan sebelum penerapan secara penuh sistem OCS, hal ini untuk memastikan kelancaran aplikasi sistem terintegrasi tersebut.

Lebih lanjut, Ida mengatakan bahwa kedua belah pihak, baik Indonesia maupun Malaysia sepakat untuk memerangi perdagangan orang (trafficking in person) dan berkomitmen untuk melibatkan pemangku kepentingan terkait di negaranya masing-masing dalam rangka menjalin kerja sama bilateral yang konkrit.

“Kedua belah pihak juga berkomitmen untuk memfasilitasi kerja sama antara lembaga jaminan sosial di Malaysia dan Indonesia dalam rangka memperkuat pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia,” pungkasnya.***

×
Berita Terbaru Update